Wednesday, April 17, 2013

Mengapa Proxy Squid Sekarang tidak Mampu Mengcache Youtube

Baru dua minggu ini saya mendengarkan kasus ini , yaitu Proxy Squid tidak mampu mencache Video Youtube , karena youtube saat ini mengalami perubahan sistem . benarkah demikian?

Akhirnya saya mencoba konfigurasi sakti proxy yang saya miliki , dan hasilnya benar, youtube tak mampu dicache dengan baik . Malah yang lebih parah lagi ketika video diganti malah video yang yang telah tercache yang tampil kembali . Dan yang lebih parah lagi kalau cache yang disimpan adalah yang berupa format MP4 karena audio dan videonya yang terpisah , terkadang gambar dan suara yang keluar pun berbeda.

Sudah lama betul tidak mengkonfigurasi proxy hingga mendengar kasus ini, dan saat ini saat menulis blog ini saya masih membuat script lain untuk mampu meng-cache youtube kembali normal.
 
Saya sudah mencoba menggunakan beberapa konsep dengan menggunakan script phyton , maupun ruby namun itu tidak menghasilan cache yang baik , proses cache sepertinya di segmentasi. Sepertinya youtube saat ini menerapkan konsep streaming HTTP Segmentasi , artinya Video/audio yang didistribusikan disegmentasi ( Dipotong-potong ) dalam beberapa bagian sehingga proses penggunaan bandwidth pun akan lebih kecil dibandingkan sistem HTTP Progresive Streaming.

Sebenarnya Video/audio yang didistribusikan bentuknya utuh , namun pada saat masuk pada media player proses pendistribusian secara otomatis langsung disegmentasi yang tentunya berakibat file cache pada proxypun terpisah-pisah tidak seperti sebelumnya dimana satu vido utuh dapat langsung di cache. Inilah yang mungkin menyebabkan proses cache sulit dilakukan. Ditambahlagi konsep DNS dalam sistem CDNnya yang benar-benar dinamis sehingga sangat sulit menentukan pengiriman dari satu server saja.

Mungkin untuk menghindari perpindahan  DNS Youtube secara otomatis mungkin cara memblok ip DNS Youtube sehingga pendistribusian cache dapat dilakukan melalui satu server cache yuotube saja. Dan saya mencobanya dan itu memberikan dampak yang cukup baik pada hasil cache. Selain itu ada cara yang lainnya yaitu mendapatkan distribusi dari server cache provider , atau mengunci pendistribusian dari satu server cache provider yang ada di diindonesia.
Mungkin saya belum bisa menuliskan lebih banyak lagi karena saat ini saya pun masih melakukan coding sederhana untuk proxy cache youtube ini ... hasilnya nanti akan di tulis di blog ini ...

1 comment:

  1. kita tunggu hasilnya bang.. saya jg udah pusing mikir cache ytube..

    ReplyDelete