Saturday, September 7, 2013

HTTP Progresive Download Streaming

Seberapa banyak anda mengetahui bahwa mayoritas streaming ondemand yang ada di dunia online menggunakan teknik http progresive download, yaitu pendistribusian file video atau audio yang telah terkompresi melalui protokol http yang sebenarnya proses pendownloadan yang dilakukan namun, dengan adanya sebuah player dengan konsep layer maka file yang sebenarnya di didowload masuk pada layer tersebut dan langsung ditampilkan oleh decoder yang dimilikinya. Dan teknik layer untuk http progresive download ini dimiliki oleh flash player.

Karena proses download dari server menuju klien dilakukan oleh proses layer maka aproses downloadnya tidak tampak sama sekali sehingga inilah yang menjadi salah pemahaman dengan teknologi streaming yang sebenarnya , sehingga banyak orang yang mengatakan bahwa pendistribusian file video ataupun audio dapat digunakan dengan protokol http walau yang sebenarnya yang menjadi inti dari streaming ini adalah sistem layer pada flash player namun mereka tidak melihat proses download itu.

Youtube pernah menjelaskan bahwa streaming yang dimilikinya adalah ternasuk dalam http progresive download namun karena kurangnya penjelasan mengeni progresive download streaming ini maka banyak yang menganggap bahwa streaming itu pendistribusian file video dan audio dengan menggunakan flash player.

Sebenarnya sebelum teknologi flash player ini berkembang 3 player yang dipergunakan pendistribusian streaming dengan protokol streaming  masing-masing player dapat berjalan pada sistem embeding object di dalam sebuah website. namun ketiga embed player ini kalah dengan popularitas dari flash palyer , player media tersebut adalah , windows media player dengan protokol mms , real player dan quicktime player dengan protokol rtsp.

Jadi bagaimana membedakan antara streaming yang bersifat progresive donwload dengan streaming yang tidak progresive atau streaming realtime yaitu anda dpat melihat pada indikator pada flash player yang tampil pada web bila pada sistem playback di flash player yaitu anda stop maka bila streaming itu progresif maka indikator streaming masih terus berjalan artinya proses download masih berlangsung sedangkan bila pada indikator streaming terhenti berarti streaming tersebut bukan streaming progresive melainkan streaming realtime , dan untuk falah palyer streaming non progresive atau streaming realtime ini menggunakan protokol rtmp.

0 komentar:

Post a Comment