Friday, September 13, 2013

Lahirnya Buku "Rahasia Real Server 11 dan 12"

Setelah hampir lama saya mempelajari teknologi streaming terutama dari berbagai aplikasi Server Stremaing baik yang bersifat Open Source maupun yang komersil, sejak diperkenalkan dengan teknologi CDN pertama kalinya dengan teknologi SinoCDN pada sebuah penyedia layanan Streaming diera tahun 2000-an, dari sinilah saya mulai mengenal aplikasi Helix Server dimulai dengan Real Server 9 selanjutnya 10 dan 11 . Pada Versi 10 dab 11 ini dimulainya transisi antara nama Real Server menjadi Helix Server  yaitu dengan aplikasi streaming server yang gratis yaitu Helix DNA Server , Namun sayangnya aplikasi Helix DNA Server ini banyak kekurangan terutama tidak dapat mendistribusikan layanan live streaming. Helix DNA Server hanya mampu digunakan untuk pendistribusian streaming ondemand.

Berawal dari sinilah saya bergabung dengan HelixCommunity dan mempelajari source code yang ada pada Helix Community , dan dari sinilah sebuah kejadian tanpa kesengajaan terjadi. Setelah mempelajari sistem aplikasi ini saya menemukan satu kelemahan yang cukup fatal terutama dalam hal Licensed . Kelemahan ini pertama kali saya temukan pada Real Server 11 , dan setahun kemudian Realnetworks melucurkan Real Server 12 atau dikenal dengan aplikasi Helix Server 12 Mobile karena aplikasi ini mampu mendisribusikan streaming berbasis mobile, dan ternyata kelemahan tersebut tidak ditutupi.


Setelah berpikir banyak tentang hal yang saya temukan tersebut akhirnya pada tahun 2011 saya  mencoba menghubungi team Realnetwork dengan mengirimi email Tentang kelemahan Licensed pada Helix server 12. Namun email yang saya kirimkan itu tidak ada balasan sama sekali dan dianggap angin lalu saja.

Hingga akhirnya saya membuat 2 buah video yang menunjukkan proses kelemahan tersebut dan saya upload ke youtube dan mengirimkan email kepada pihak Realnetworks, namun  yang akhirnya Video tersebut dihapus Youtube karena pelanggaran Hak Cipta. Dan Video tersebut katanya melanggar peraturan di Youtube padahal di Youtube pada saat itu banyak Video tentang hacking dan lain sebagainya padahal Video yang saya buat ada bagian yang saya tutupi terutama bagian kelemahan tersebut.

Hingga akhirnya RealNetwork mengeluarkan Aplikas Helix Server 13 , dan dari sinilah saya melihat terjadi perubahan yang benar-benar tampak dan kelemahan tersebut telah ditutupi hingga kini sampai Aplikasi Helix Server versi 15.02. Semua kelemahan itu telah ditutupi.

Setelah hampir 5 tahun rahasia itu hanya saya yang tahu , terkadang ada keinginan untuk mengungkapkan secara luas untuk pengetahuan tambahan namun saya tidak berani hingga akhirnya tahun 2013 saya mencoba menyusun kembali temuan itu dalam sebuah buku yang bukan lagi berisi tentang kelemahan aplikasi tersebut semata melainkan mencoba menggabungkan tentang pengetahuan streaming  secara keseluruhan didalam buku "Rahasia Real Server 11 dan 12 "

Inilah proses dari lahirnya buku " Rahasia Real Server 11 dan 12 " , dan kembali saya upload video tentang pembuktian kelemahan tersebut walau ada abagian yang sengaja saya tutup terutama bagian dari kelemahan itu . Mungkin anda penasaran apa sih kelemahan dari Real Server ini sehingga mudah didapatkan license nya tanpa harus proses Hacking ataupun Cracking ? Anda dapat mengetahuinya setelah membacanya . Dan buku ini hanya untuk kalangan terbatas.

1 comment:

  1. ulasan yang sangat bermanfaat bagi para newbie seperti saya,tks brother

    ReplyDelete