Sunday, September 8, 2013

Manfaat Teknologi Streaming

Seberapa besar manfaat teknologi streaming didalam proses kehidupan dunia modern dan masa depan yang bukan hanya bermanfaat bagi pertumbuhan dunia brodcasting dan penyiaran digital semata, bahkan lebih dari itu. Teknologi Streaming yaitu teknologi pendistribusian data video dan audio yang telah terkompresi pada jaringan komputer memiliki manfaat yang lebih besar yang bukan sekedar untuk hiburan semata.

DISTANCE LEARNING.

Pembelajaran jarak jauh antara pengajar dengan peserta didik yang berada di tempat yang berbeda dapat dipertemukan pada sebuah kelas maya yaitu pada satu channel layanan streaming. Dengan penggunaan teknologi streaming maka interaksi face-face dan komunikasi antara pengajar dengan peserta didik baik dengan konsep point to point ataupun konsep point to multi point dapat dilakukan.


Namun sayangnya pemanfaatan teknologi streaming untuk peningkatan pembelajaran di Indonesia masih dikuasai atau diselenggarakan oleh Institusi pendidikan yang memiliki pendanaan yang cukup besar hal ini disebabkan infrastruktur yang dibutuhkan khususnya bandwidth yang disediakan harus dalam  jumlah yang besar  terutama dalam konsep point to multipoint.

Namun sebenarnya proses ini bisa disikapi dengan solusi penggunaan sistem jaringan multicast yang tentunya hal ini akan mengurangi beban penggunaan bandwidth yang besar.

REAL-TIME CONVERSATIONAL SERVICES.

Video Conference , Video Phone adalah salah satu bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam dunia teknologi streaming, walaupun dalam konsep Video Conference atau Video Phone menggunakan protokol pendistribusian secara khusus seperti UDP ataupun TCP baik dilakukan bersifat point to point maupun point to multipoint merupakan satu manfaat yang dapat dipergunakan dan dikembangkan oleh sebuah perusahaan ataupun instansi pemerintah , dengan konsep IP maka layanan komunikasi yang ada akan semakin mudah dan tentunya murah.

Namun untuk membangun Video Conference maupun Video Phone dengan menggunakan teknologi streaming ini ada hal yang harus diperhatikan yaitu dari sisi keamanan dan selain itu juga codec yang digunakan haruslah memiliki compressi yang baik, kecil ukurannya namun kualitas gambar tetap dipertahankan.

Masih banyak manfaat dari dunia teknologi streaming , baik untuk layanan keamanan jarak jauh Remote video surveillance ataupun bagi pengembangan industri informasi dan komunikasi yang lainnya. Dan ada hal yang perlu menjadi perhatian dalam mempelajari dan mengembangkan dunia teknologi streaming ini yaitu pengembangan teknologi compresi video dan audio atau yang dikenal dengan Codec Video dan Codec Audio , karena antara teknologi codec dengan teknologi streaming tidaklah dapat dipisahkan.

0 komentar:

Post a Comment