Sunday, September 8, 2013

Mengenal Teknologi Streaming Protokol RTSP

RTSP atau real time streaming protocol adalah protocol yang pertama kali diperkenalkan oleh perusahaan media data digital yaitu RealNetworks pada tahun 1997, protokol ini pertama kalinya dipergunakan untuk pendistribusian layanan streaming dengan format realmedia  yaitu real audio dan real video.

Pada perkembangan selanjutnya protokol RTSP mulai banyak digunakan terutama oleh perusahaan pengembangan media onlinenya seperti  Apple Macintosh yang memperkenalkan teknologi pendistribussian streaming RTP dengan sistem SDP atau yang dikenal dengan session description protocol. Protokol RTSP kemudian dipergunakan secara standard untuk pendistribusian file file multimedia baik audio dan video dengan beragam format.


Apple macintosh dengan teknologi quicktime player dengan format mov dengan codec mpeg 4 dan teknologi SDP merupakan teknologi yang lebih banyak digunakan dibandingkan dengan format realmedia pada saat itu namun dengan perkembangan teknologi streaming yang dimiliki oleh realnetworks akhirnya Realnetwork berhasil membangun layanan pendistribusian streaming SDP yang lebih banyak digunakan pada saat itu untuk layanan laive streaming berbasis mobile.

Dengan perkembangan codec video dan audio yaitu dengan adanya codec h263 , mpeg 4 maupun h264 dan format audio amr , aac maupun mp3 maka pendistribusian streaming melalui protokol rtsp ini baik dengan menggunakan teknik Rtp dengan format sdp mengalami banyak banyak kombinasi diantaranya adalah dengan hasil streaming yang dihasilkan seperti format 3gp dengan dua versi yaitu 3gp dan 3gpp  dengan kombinasi codec yaitu h263/amr untuk format 3gp dan h264/aac untuk format 3gpp yang dipergunakan untuk streaming mobile karena  dengan codec ini kompresi gambar dan audio sangatlah kecil. masih ada lagi pendistribusian streaming dengan protokol rtsp ini yaitu teknologi ISMA dengan menggunakan codec mpeg 4 .

Dengan terus berkembangnya teknologi video dan audio ini ditambah lagi dengan perkembangn device yang ada maka penggunaan protokol Rtsp menjadi protokol standard untuk pendistribusian streaming khususnya untuk layanan mobile. Demikianpula android yang memiliki player media yang mendukung penuh terhadap protokol yang satu ini.

Walau dalam perkembangannya protokol pendistribusian streaming mengalami banyak peningkatan diantaranya protokol baru yaitu Rtmp sebagai protokol pendistribusian streaming melalui teknologi layer flah player , dan http porting dengan penggunaan protokol layer tcp seperti streaming yang dipergunakan oleh teknologi icecast maupun shoutcast , ataupun streaming dengan protokol http segmentasi yang diluncurkan oleh apple macintosh.

Kini protokol RTSP masih tetap menjadi prioritas utama didalam pendistribusian streaming khususnya streaming berbasis mobile yang saat ini sangat banyak dilirik oleh para penyedia layanan jasa pendistribusian media khususnya untuk penggunaan teknologi IPTV yang saat ini mulai ramai dipergunakan untuk layanan media penyiaran digital.

0 komentar:

Post a Comment