Friday, October 11, 2013

"Linux itu Hanya OS Apa Bedanya Dengan Windows !"

Sebuah pengalaman di pertengahan bulan puasa yang lalu yaitu pada saat memperkenalkan Teknologi Streaming yang saya miliki disebuah stasiun televisi di jakarta , mungkin pada intinya menolak dengan apa yang saya tawarkan, namun ada yang menarik ketika sang manajer mengatakan "Linux itu Hanya OS apa bedanya dengan Windows!".

Mungkin bagi yang mendengar kalimat tersebut akan memiliki interpretasi yang berbeda , bisa jadi ada yang mencibir tentang OS Linux yang murahan atau bisa saja dianggap bawah Linux sama saja dengan Windows. Dengan interpretasi yang berbeda dengan kalimat itu tentu saja saya berpikir apakah benar Linux OS hanya sebatas Operasi Sistem saja yang bekerja seperti Halnya operasi sistem Microsoft Windows yang berbayar.

Awal Sebenarnya  hanya presentasi teknologi streaming yang dibicarakan tapi berhubung salah seorang teman ingin meyakinkan sang manager bahwa streaming  yang dibangun saya ini memiliki keamanan serta mampu mengatur pendistribusian dengan baik karena berbasis OS Linux , maka kalimat tersebut terlontar dari mulut sang Manager.


Saya pun tak ingin berbanyak kata setelah sang Manager itu mengucapkan kalimat tersebut, karena toh bila diteruskan akan menjadi sebuah pepesan kosong toh yang intinya mereka menolak namun tetap dengan sebuah gengsi. Hal ini dapat saya simpulkan ketika saya presentasikan teknologi DASH Streaming , sang menager berkilat bahwa stasiunnya telah menggunakan DASH Streaming kira-kira lima tahun yang lalu dan itu sama saja hasilnya  .... wow , saya kaget mendengarnya yang saya tahu sebagai developer bahwa DASH Streaming mulai dikembangkan pada pertengahan tahun 2012. Menakjubkan sekali jawaban sang manager ini.

Kembali lagi dengan judul diatas . Saya hanya menyayangkan sekali kalimat tersebut terlontar dari seorang Manager IT sebuah staisun televisi besar di Indonesia.  Secara prinsipal  memang benar apa yang diungkapkannya bahwa LINUX adalah Operasi Sistem seperti halnya dengan Microsoft windows ataupun operasi sistem yang lainnya  tapi tahukah dia berapa banyak hardware yang berkembang dari OS yang satu ini . Berapa banyak router-router  yang dibangun dengan Kernel dan pondasi OS Linux. Dan tahukah dia bahwa Kernel Linux mampu didevelop sesuai kebutuhan yang kita inginkan khususnya didalam pengaturan kebutuhan hardware  dan optimasi hardware yang ada. 

Mungkin kalimat itu terlontar bisa jadi karena sang Manager sudah pusing karena sedang puasa , atau memang terpaksa menghadapi kami yang cuma "Praktisi" saja yang "Gak Ada Pengalaman" , karena saat itu saya secara pribadi tidak memperkenalkan  tentang latar pendidikan dan bidang keahlian IT Networking yang saya miliki karena toh saya hanya akan mempresentasikan teknologi streaming yang dikembangkan tidak lebih bukan memperkenalkan pribadi siapa saya. Atau intinya yaitu menolak sistem yang kami tawarkan. padahal toh dengan mudah seorang menager IT dengan bijak bisa mengatakan " Saat ini kami sedang mengembangkan teknologi streaming oleh team IT kami, jadi mungkin dikesempatan lain kami akan mencobanya !"

Dari banyak pengalaman menarik baik perkenalan dengan Owner Perusahaan besar dan kecil ataupun para manager IT pada saat presentasi aplikasi yang saya miliki , satu hal yang selalu saya ingat " Diatas Langit Ada Langit " terutama dengan keahlian maupun skill yang dimiliki . Karena hari ini saya memang memiliki keahlian dibidang yang satu ini namun ada yang lebih tingi keahliannya dibanding saya . Dan itu yang akan membuat saya akan terus belajar dan menggali pengetahuan dibidang tersebut . Maka hanya kerendahan hati yang mampu menaklukan semuanya walaupun keahlian yang kita miliki sudah diatas rata-rata yang lain.

0 komentar:

Post a Comment