Thursday, October 17, 2013

Streaming Youtube Lahan Bisnis atau Akal-akalan Developer

Sore ini sepulang dari pertemuan dengan seorang kawan di satu wilayah di Jakarta , saya mendengar sebuah domain yang kelihatannya cukup menarik untuk dilihat karena menurut kabar web tv yang baru ini dibangun dengan menggunakan satu teknologi streaming yang menurut kawan saya sangat bagus. jadi setelah pertemuan saya langsung meluncur ke TKP melihat ke website TV tersebut, bayangan saya adalah mungkin penerapan teknologi DASH Streaming ataupun mungkin penggunaan Codec yang baru yaitu codec H265, dan ternyata ? Semuanya cuma pemikiran saya saja, ternyata Teknologi Streaming yang dibangun tersebut menggunakan Video Streaming di Youtube.

Dalam pikiran saya ada pertanyaan apakah ini teknologi streaming yang mereka ketahui? bahwa streaming Video itu adalah Youtube , padahal Youtube hanyalah salah satu layanan yang menerapkan teknologi streaming "HTTP Progresive Download" untuk basis Desktop komputer dengan flash player, kemudian teknik HTML 5 yang sama konsepnya dengan "HTTP Progresive Download" namun playernya sudah tidak lagi menggunakan sistem embeding , melainkan browsernya sudah berlaku dan berfungsi sebagai player, dan untuk youtube Mobile dengan teknologi streaming dengan protokol RTSP , yang saat ini telah menggunakan teknologi streaming rtsp youtube yang pada awalnya menggunakan aplikasi Darwin Server.


Sedangkan teknologi streaming yang saat ini ada cukup banyak dan berkembang, seperti teknologi streaming HTTP/S Segmentasi milik Apple yang hanya mampu diputar langsung dengan gadget milik mereka.  Nah bicara "HTTP Progresive Download" Streaming yang digunakan oleh Youtube yang sebenarnya merupakan penerapan teknologi Flash Video saat ini sangat berkembang karena bagi mereka yang ingin membangun layanan streaming ondemand tidak perlu repot membangun infrastuktur yang ada terutama dari sisi aplikasi server streamingnya , karena dengan menggunakan layanan Apache ataupun HTTP Nginx streaming ini sudah berjalan , namun jelasnya streaming ini mengandalkan kemampuan bandwidth yang dimiliki oleh server dan yang paling membahayakan adalah mudahnya penyerangan terhadap teknologi streaming ini yang mengakibatkan "Flooding" bandwidth.

Mungkin saya bukan orang yang pintar bicara Core Bisnis tapi bila saya melihat Streaming Youtube yang dijadikan teknologi streaming pada website tersebut dan dijadikan lahan bisnis, pertanyaan besar adalah bagaimana sekelas media besar masih mampu memberikan support kepada layanan web ini! Yang jelas-jelas teknologi streaming yang digunakan menggunakan Youtube !

Youtube dengan kebesarannya telah mampu merubah paradigma teknologi streaming khususnya di Indonesia sehingga terjadi banyak kesalahan didalam memahami teknoogi streaming video dan audio yang sebenarnya, cukup dengan teknologi Flash lewat "HTTP Progresive Download" Streaming  maka akan keluar kalimat dengan mudahnya " Iniloh Streaming ... " 

Semoga cerita sore ini bisa memberikan tambahan pekerjaan besar bagi para mereka yang mengaku dirinya "Developer Streaming" untuk memberikan pemahaman yang jelas dan benar dengan teknologi streaming itu sebenarnya.

0 komentar:

Post a Comment