Thursday, November 21, 2013

Defacement Mengintai Web Anda

Apa itu defacement ? Defacement adalah sebuah cara perentasan komputer khususnya pada layanan website dengan merubah tampilan website. Bagaimana bila website anda atau perusahaan anda , atau instansi anda diserang ? Apalagi saat memanasnya perang antar para perentas komputer Indonesia dan Australia yang jelas-jelas , akan ada pihak ketiga yang ikut mengacaukan dengan melakukan defacement.

Nah untuk untuk antisipasi yang dapat anda lakukan agar tidak terserang defacement ini adalah :
  1. Pergunakan hosting yang memiliki keamanan yang baik , terutama pada aplikasi Cpanel .
  2. Bila anda menggunakan aplikasi CMS yang free , lakukan updating dan tentunya lakukan proteksi dengan merubah bagian-bagian terpenting terutama untuk akses Change Owner atau modifikasi Change Modification.
  3. Lakukan ridirect halaman akses admin CMS atau pun web anda.
  4. tampahkan index.php atau index.html pada setiap direktori pada web anda , dikhawatirkan engine apache ataupun nginx yang digunakan oleh hosting tidak mampu memproteksi isi direktori. Untuk memastikan buka setiap folder yang ada di website jika terbuka lakukan perbaikan.
  5. Jika anda menggunakan layanan webmaster google perbaiki isi dari robots.txt agar google crawl tidak masuk pada bagian-bagian penting didalam akses menuju admin.
Lima langkah ini dapat anda lakukan , dan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan anda pun dapat membuka website http://www.zone-h.org/archive/special=1 , yang berisi website-website yang dilaporkan diserang defacement secara berkala. Karena didalam website ini anda akan melihat daftar website yang diserang dengan teknik defacement ini. Dan masih banyak penyerangan hacker lainnya.

0 komentar:

Post a Comment