Monday, November 4, 2013

Install BBM Android Dengan Emulator , Geny Motion atau Android-x86 ?

Banyaknya tulisan di Blog maupun di berbagai media web mengenai Install BBM Android di PC Komputer membuat para pengguna PC Komputer penasaran dan mencoba melakukan installasi sesuai petunjuk Install BBM Android di PC Komputer sesuai dengan aturan petunjuk yang ada pada blog yang dibaca, dan ternyata ada yang berhasil tapi lebih banyak yang tidak berhasilnya . Dan ini terbukti dengan beberapa teman saya yang mengikuti petunjuk yang banyak bertebaran di Internet , bahkan sampai pada Komen yang berteriak karena gagal install dan minta respon penulis blognya tanggapannya adem malah menyuruh bagian yang terkadang bukan menyelesaikan masalah karena gagal install. 

Berdasarkan penulisan Install BBM Android di PC Komputer yang simpang siur karena banyak yang gagal install di Android , maka saya coba tuliskan beberapa alternatif pilihan untuk installasi BBM Android yaitu ada tiga cara yang banyak di ikuti oleh para pengguna komputer , namun ulasan ini hanya saya buat untuk para pengguna Linux saja . Mohon maaf buat pengguna Microsoft Windows saya belum dapat mengulas secara keseluruhan yaitu:


A. Dengan Menggunakan Android SDK Yaitu Emulator Android.

Bagi anda yang memiliki komputer resource yang besar dengan minimal memory 4 GB dan processor yang tinggi proses ini bisa dilakukan karena menjalankan Android Emulator yang berada di Android SDK ini membutuhkan resource komputer yang besar karena Android SDK ini masih mengandalkan Java di dalam proses menjalani aplikasi emulatornya. Dari sekian kali saya lakukan dengan beberapa PC sampai dengan PC Komputer dengan resource memory 4 GB saja aplikasi emulator android yang berada pada Android SDK ini berjalan dan bekerja sangat lambat. Jadi bagi anda yang ingin menginstall BBM Android di PC Komputer dengan menggunakan emulator pada Android SDK sangat saya tidak sarankan. Ditambah lagi karena installasi dilakukan secara terpisah melalui proses adb . Mungkin bagi yang telah expert pada pemrograman Android cara ini bisa dilakukan namun tetap saja android yang bekerja sangat lambat.

B. Dengan Menggunakan Geny Motion Emulator.

Geny Motion ini ibarat sebuah aplikasi img partisi yang bekerja pada VirtualBox aplikasi namun dengan kemampuan compiler yang menggabungkan Module VirtualBox didalamnya sehingga emulator ini dapat bekerja. Namun dari hasil kaswan yang telah saya bantu install hingga berhasil , mereka banyak yang gagal terutama yang menggunakan OS linux dengan distro tertentu . Bahkan saya yang menggunakan CentOS 6 , mengalami kegagalan saat menjalankan aplikasi geanymotion karena kasus GLIBC_2.14 yang dimiliki saat memanggil module QT4 yang digunakannya. Walau berhasil akhirnya namun bagi para newbie akan semakin bertambah sulit saja untuk segera menikmati BBM Android di PC Komputer karena ada beberapa proses yang dilakukan bila terjadi kesalahan GLIBC_2.14. Namun bagi pengguna beberapa Distro yang lain memang berhasil untuk menginstall Geny Motion dengan VirtualBox sebagai virtual mesin ( Virtual Device ) namun saat install BBM  selalu saja gagal selalu stop dan berhenti. Nah untuk mengatasi kejadian hal ini , maka yang perlu dilakukan andalah melihat versi VirtualBox yang anda gunakan setelah beberapa kali percobaan ternyata yang terbaik adalah menggunakan VirtualBox versi 3.1.6 namun sayang lagi-lagi beberapa distro menolak untuk diinstall versi ini karena Python yang dibutuhkan harus downgrade versi dan itu sangat sulit dilakukan karena akan berpengaruh pada sistem Desktop anda. Bila gagal , anda dapat gunakan alternatif versi lain dan yang saya sarankan hanya versi 3.2 , 4.0 dan 4.1 jangan gunakan versi diatasnya karena anda akan kembali gagal menginstall BBM anda di Geny Motion.

Jadi bagi anda yang telah berhasil menjalankan Geny Motion dan tidak mampu menginstall aplikasi BBM apk di dalam nya , anda harus merubah VirtualBox yang anda miliki . namun saran saya hanya 3 versi saja yaitu versi 3.1.6 , 3.2 dan 4.0 . Bila Linux anda hanya mampu menginstall VirtualBox versi 4.1 tingkat keberhasilannya hanya 80 persen saja , sedangkan dengan ketiga versi yang telah saya sarankan 100 persen tingkat keberhasilannya.

C. Menggunakan Android-x86.

Ini adalah proses yang sebenarnya tidak akan pernah gagal di Install di Linux anda , karena konsepnya adalah Installasi dari ISO Image distro Android-x86 pada sebuan Virtual Machine atau Virtual Device. Namun lagi-lagi banyak yang gagal install BBM Android setelah Android-x86 diinstall. Maslahnya tetap di Virtual Box yang dijadikan sebagai device Android-x86 ini. Saya sangat menyarankan untuk menggunakan 4 versi yang telah disebutkan sebelumnya yaitu VirtualBox versi 3.1.6 , 3.2, 4.0 dan 4.1.

Bila anda telah berhasil menginstall BBM android pada android-x86 kasus yang terjadi adalah posisi gambar yang tidur . Anda jangan menggunakan aplikasi rotate yang ada pada Google Play Store , anda dapat mengikuti petunjuk cara hacking VirtualBox Android-x86 agar tampilan displaynya vertical sehingga BBM Android anda tetap tegak vertical tidak dalam keadaan tertidur.


Dengan informasi yang saya tulis ini mudah-mudahan sangat membantu anda yang mendaptkan banyak informasi dari berbagi blog maupun media lainnya. Semoga ini membantu.    

1 comment:

  1. "unfortunately, BBM has stoped" gimana tuh gan.??
    tolong dibantu gan..!!

    *saya pake Genymotion v 2.1.1 ,, dengan moto X 4.4.2 API 19 720x1280

    ReplyDelete