Thursday, November 28, 2013

Jangan Hanya Pake Linux Tapi Mari Optimalisasi Penggunaannya !

"Ngaku Hacker, Tapi buka emailnya masih pakai browser. Kalau disniffing cookies-nya gimana?" 

Kalau bicara Linux tentunya bayangan kita adalah sebuah OS yang gratisan, tapi walau gratisan tidak semua yang aplikasi yang berjalan di bawah OS ini harus gratis, contohnya aplikasi CPanel yang digunakan oleh para pemilik hosting, itu berbayar dan masih banyak lagi yang lainnya. Sebenarnya yang menjadi inti dari OS yang satu ini adalah "kebebasan" yang tentunya mengikuti aturan yang berlaku seperti aturan License terbuka yang biasanya selalu dikeluarkan oleh pengembang aplikasi OS berbasis Linux dengan License GPL ( GNU Public License ).

Namun pada tulisan ini saya bukan membicarakan tentang gratis maupun kebebasan itu, ada hal yang paling mendasar yaitu Optimalisasi dari OS Linux yang belum banyak di gali oleh para pengguna Linux itu sendiri. Mungkin tampilan desktop yang dimiliki oleh Linux saat ini terus berkembang sangat pesat hingga tampilan desktop menjadi lebih cantik. Tapi pernahkah kita menogoptimalkan penggunaan layanan Komunikasi yang berada didalamnya padahal dengan optimalisasi penggunaan kekayaan aplikasi Linux ini tentunya semakin memudahkan kita melakukan komunikasi.


Saya masih melihat beberapa kawan pengguna Linux dengan laptopnya masih saja membuka browser untuk membuka email yang dimilikinya, baik itu email di gmail maupun di yahoo , lebih-lebih biasanya mereka menggunakan email kantor dan harus masuk melalui browser terlebih dahulu, mengapa? Jawabnya tentunya banyak, ada yang mengatakan memang bisa membaca email gmail dan yahoo tanpa harus membuka browser? atau malah ada yang menjawab kalau di laptop takut hilang datanya! dan masih banyak lagi jawaban yang lainnya. Yang tentunya bagi pengguna Linux terutama pada perangkat komputer pribadi amat disayangkan bila tidak mampu mengoptimalkan segala kekayaan yang dimiliki oleh Linux yang memang dirancang untuk memudahkan proses Komunikasi.

Maka walaupun saat ini banyaknya pengguna Linux di Indonesia, semuanya lebih banyak tertarik dengan kemampuan lainnya  seperti aplikasi hacking atau semacamnya. Memang tidak salah bila ini yang menarik minat bagi pengguna Linux, tapi tentunya optimalisasi penggunaan kekayaan Linux ini harus utama , masa seorang yang mengaku "Hacker" membuka email harus masih membuka browser ?

Jangan kalah dong sama pengguna OS yang komersil yang mengoptimalkan penggunaan layanan komunikasinya walaupun sebenarnya masih banyak juga yang tetap menggunakan browser untuk membuka sebuah email.

Itu baru email, masih banyak lagi yang sebenarnya dapat dioptimalkan penggunaannya. Belum lagi penggunaan shortcut yang dimiliki oleh Linux dan masih banyak lagi yang dapat dioptimalkan dari OS yang katanya "Gratis" ini.

Jadi sudahkah kita sebagai pengguna Linux mengotimalkan seluruh kekayaan yang dimiliki oleh Linux ?

0 komentar:

Post a Comment