Monday, November 25, 2013

Slackware 14 Semakin Ringan

Perkembangan Distro Linux saat ini mengalami pertumbuhan yang cukup pesat , hampir setiap hari selalu saja hadir Distro Baru , baik itu yang bersifat remastering ataupun yang benar-benar membangun distro secara tersendiri.

Sebenarnya Distro Linux secara global mungkin hanya berbeda paket installasinya saja yang saat ini berkembang adalah Tiga paket yaitu RPM , DEB dan PKG dan kenyataanya saat ini malah terus berkembang dengan UDEB yaitu paket Debian yang dikemas oleh Ubuntu , dan satu lagi sebuah Distro yang cukup tua dan tentunya memiliki keunikan tersendiri karena path yang digunakan berbeda dengan distro lainnya terutama pada sistem runcommand pada saat running atau rc. biasanya perintah menjalankan command pertama atau kita kenal dengan service biasanya terletak pada /etc/init.d sedangkan slackware berbeda yaitu di /etc/rc.d . Sebenarnya masih banyak perbedaan antara satu distro linux namun yang cukup unik dan berbeda adalah Distro Slackware.


Kini Slackware ver 14.1 yang saya coba lebih ringan dibandinkan dengan beberapa Distro yang sudah saya pakai, ada beberapa yang cukup menarik pada distro Slackware 14.1 ini yaitu paket nya yang berubah . Saya sendiri tidak tahu kapan mulai berubah format paket slackware ini berubah menjadi .txz karena waktu menggunakan slakware sebelumnya .tgz . Tapi itu tak menjadi masalah , karena dukungan installasi online dengan slackpkg seperti yang dimiliki debian yaitu apt-get , dan berbasis RPM dengan yum atau URPMI .

Tapi satu yang sangat menarik yaitu keberadaan Browser Seamonkey , yang tidak pernah diperhitungkan oleh banyak pengguna Internet , yang merupakan sebuah browser tercepat dibandingkan dengan browser lainnya seperti IE , Chrome , Firefox , Safari , Opera ataupun yang lainnya secara default telah tersedia di Slackware 14.1. Jadi para penggemar browser Seamonkey seperti saya tentunya sudah tidak perlu repot lagi, karena paket Browser Seamonkey telah tersedia secara default.

Yang paling asyik dari Distro ini adalah , login command promt yang masih tetap dipertahankan, jadi kalau ingin masuk ke GUI Dekstop cukup mengetik startx . Seperti jaman dulu menggunakan linux . walaupun sebenarnya anda dapat merubah init.rc menjadi default running X windows session dengan menggunakan login menggunakan XDM ataupun KDM, GDM atau MDM.

Yang pasti adalah Ringan . Itu yang dimiliki oleh Distro yang satu ini. Bahkan bagi yang memiliki Kompi yang lama sekalipun , Distro ini benar-benar ringan dibandingkan distro yang lainnya.
 

1 comment:

  1. setuju banget sampai sekarang masih saya pergunakan......

    ReplyDelete