Wednesday, November 27, 2013

Tutorial BBM Android Vertical di VirtualBox Bagian I

Tutorial BBM Android Vertical di VirtualBox ini saya buat atas beberapa permintaan pengunjung Blog ini , namun bukan berarti penulis blog mengedepankan tutorial ini pada pengguna Linux , namun bagi para pengguna OS Microsoft Windows pun dapat mengikutinya hanya ada sedikit perintahnya saja. Sedangkan pada saat menjalankan VirtualBoxnya tetap sama. Dan pada tutorial ini , saya menggunakan VirtualBox versi 4.1.28 yaitu VirtualBox yang dapat menginstall BBM didalam Android x86. Sedangkan untuk Versi diatas 4.1.28 BBM tidak mampu diinstall dengan baik.

Untuk pengguna Linux ataupun pengguna Microsoft Windows anda dapat mendownload VirtualBox 4.1.28 dapat melalui Link ini https://www.virtualbox.org/wiki/Download_Old_Builds_4_1 bagi pengguna Linux tutorial ini menggunakan paket yang diambil bukan mengggunakan paket deb, rpm melainkan menggunakan paket run yang dapat dijalankan di berbagai distro dengan tambahan bahwa pada setiap distro sudah terinstall LibQT dan Kernel DKMS. Sedangkan bagi anda pengguna Microsoft Windows , anda cukup mendownload paket .exe yang tersedia yang itu pada link ini http://download.virtualbox.org/virtualbox/4.1.28/VirtualBox-4.1.28-89849-Win.exe


Untuk pengguna Linux yang menggunakan paket installasi dari sini untuk pengguna Linux dengan kernel x86_64 http://download.virtualbox.org/virtualbox/4.1.28/VirtualBox-4.1.28-89849-Linux_amd64.run dan Linux Kernel 32 bit disini http://download.virtualbox.org/virtualbox/4.1.28/VirtualBox-4.1.28-89849-Linux_x86.run , anda tinggal masuk pada terminal console sebagai akses Super User atau ROOT. dan  selanjutnya pada terminal ketik :

chmod 755 VirtualBox-4.1.28-89849-Linux_amd64.run

selanjutnya jalankan aplikasi dengan perintah :

./VirtualBox-4.1.28-89849-Linux_amd64.run

seperti gambar berikut ini :
Setelah terinstall anda tinggal menjalankan aplikasi VirtualBox dengan perintah:

/opt/VirtualBox/VirtualBox 

jalankan perintah ini pada akses user anda saja , tidak perlu pada hak akses root. Sedangkan bagi pengguna Microsoft Windows anda tinggal Menginstall saja aplikasi VirtualBox-4.1.28-89849-Win.exe yang telah anda download . Selanjutnya setelah anda menginstall , anda jalankan aplikasi VirtualBox.

Bagi anda pengguna Linux maupun Microsofot Windows yang telah menginstall VirtualBox ini , selanjutnya jangan lupa mendownload Android-x86 4.0 iso untuk diinstall di virtualbox anda .

Jalankan aplikasi VirtualBox sesuai perintah pada diatas untuk linux dan Microsoft Windows menjalankan aplikasi seperti biasa. Setelah Virtualbox anda aktif Klik Menu New untuk menginstall Android-x86 didalam VirtualBox anda , selanjutnya akan tampil gambar seperti ini 


Klik Next , dan selanjutnya pada layar akan tampil seperti ini


Masukkan nama VM Android anda  dan tentukan OS yaitu linux  selanjutnya klik Next , pada layar akan tampil gambar berikut :


Tentukan jumlah memory untuk menjalankan VM Android anda , jumlahnya jangan melebihi batas warna hijau yang disediakan. Selanjutnya klik Next. Pada layar anda akan tampil gambar berikut :


Membuat Hard Disk VM untuk VM Android anda , buat New Hard Disk , klik Next selanjutnya pada layar akan tampil gambar berikut :





Pilih VDI ( Virtualbox Disk Image) kemudian klik Next , selanjutnya akan tampil gambar berikut :




Tentukan ukuran hard disk untuk VM Android anda ukuran ikuti default yang diberikan yaitu sebesar 8 GB , tapi anda dapat menentukan lebih besar dari 8 GB . Selanjutnya klik Next. Pada layar akan tampil gambar berikut ini :


Selanjutnya Klik Create , maka dilayar akan tampil gambar berikut ini :




Klik Create , dan Kini anda telah memiliki VM VirtualBox untuk diinstall Android-x86 . 




Selanjutnya adalah tahap untuk Menginstall Android-x86 ISO anda di VM Virtual Box. Berhubung takut tulisan disini jadi panjang karena gambar-gambar tutorial jadi saya sambung kehalaman baru juga di Blog ini , Tutorial BBM Android Vertical di VirtualBox Bagian II


0 komentar:

Post a Comment