Saturday, March 22, 2014

Belajar Hacking Bukan Berarti Menjadi Seorang Hacker

Bayangan kita mengenai Hacker selalu dianalogikan dengan sesuatu yang wah, manusia yang jago dengan IT dan yang pinter memecahkan enkripsi pertahanan sebuah jaringan. Padahal Hacker bukan hanya bicara bidang IT , seluruh bidang ilmu ada Hackernya karena Hacker adalah seorang yang melakukan pekerjaan dengan cara yang berbeda menemukan cara terbaru dalam disiplin ilmu yang dimilikinya yang tidak dimiliki oleh orang lain. Cara baru dan berbeda dan menghasilkan teknik terbaru ini yang dimaksud dengan Hacker. Namun bila anda hanya bisa menduplikasi pekerjaan orang melakukan defence web dengan teknik hasil browsing jangan mengaku menjadi seorang Hacker. Anda bisa aja disebut Hacker Web jika anda menemukan jalan sendiri didalam melakukan Attacking dan itu berbeda dengan yang dilakukan oleh para pendahulu yang melakukan attacking web.

Keren jadi Heacker ? Tidak ! Biasa saja toh kenyataannya para websiter yang melakukan web defence tidak mau mengaku dirinya secara gamblang dan menyebutkan namanya secara lengkap, mungkin takut ancaman kurungan karena melakukan hal yang ilegal tersebut. Lihat saja seorang Linus Torvald seorang Hacker Sejati yang tentunya dapat saja melakukan kejahatan berbahaya dengan menyusupkan kode-kode rahasia didalam Kernel Linux yang dimilikinya ,padahal saat ini Kernel Linux telah banyak dipakai jutaan komputer pribadi maupun server di dunia tapi kenyataannya beliau atau timnya tidak melakukan itu sama sekali bahkan sebaliknya bila terjadi masalah dalam Kernel Linux maka para pengembang seluruh dunia otomatis membantu melakukan Patch kernel yang mengalami Bugs tersebut. Dan kini yang mengaku dirinya "Hacker" toh lahir dari dunia yang dimiliki oleh seorang Linus Torvald,

Jadi Keren menjadi seorang Web Defence? Tidak. karena para penyerang web defence tidak memberikan sama sekali masukan kepada pemilik Website tentang kelemahan yang dimiliki oleh website yang di defence olehnya. Biasanya pelaku web defence mencoba mengikuti  sebuah tutorial yang ada dan untuk mendapatkan tutoril tersebut  ribuan toturial hacking banyak bertebaran dimana-mana di dunia maya. Apakah ada yang membuat teknik terbaru untuk melakukan Hacking Defence Web tanpa injection sql atau yang lain , menggunakan Perl Script dan PHP yang ditanam pada webiste Cpanel  untuk menggambil database user pada pengguna CPanel dan lainnya. Sepertinya teknik ini sudah banyak  dilakukan.

Bicara hacker berarti bicara tekniknya  yaitu Teknik Hacking, Onno Widodo Purbo pakar IT Indonesia menjelaskan bahwa teknik Hacking dilakukan bukan untuk melakukan penyerangan, melainkan dipelajari untuk mempertahankan sebuah layanan server yang kita miliki dari para Defencer Web dan yang lainnya. Jadi Belajar Hacking bukan menjadi seorang hacker. Dengan Hacking kita juga akan mengetahui bagaimana suatu sistem teknologi bekerja jadi bukan kita tidak merasa dibohongi atau ditipu ketika mendapatkan atau menggunakan sebuah teknologi baru. Dan banyak bagian dalam teknik Hacking ini namun dari sekian banyaknya teknik hacking ini yang paling terpenting adalah bagaimana kita mampu melindungi milik kita akun kita , website kita dari serangan yang tidak bertanggung jawab di Dunia Online.

Jadi teknik Hacking akan membukakan kepada kita kepada sebuah jalan mengenai sebuah teknologi itu yang sebenarnya . Bukan merusak tapi bagaimana mengembangkan teknologi yang ada dan menemukan jalan baru untuk menutupi kekurangan yang dimiliki oleh teknologi tersebut dan menemukan jalan baru untuk mengembangkan teknologi tersebut.

Banyak hal yang saat ini yang tanpa sadar kita sendiri yang membuka celah terjadi Hacking contoh kecil saja, tidak pernah menghapus Cookies dan Cache Browser setelah kita menggunakan Komputer di jaringan umum seperti di Rental Warnet, Perhatikanlah saat anda membuka akun anda di Komputer terbuka baik di sekolah, kampus atau mungkin di warnet  anda terkadang lupa sign out secara sempurna dari akun anda yang tentu saja hal ini membuka peluang akun anda akan diretas. Jadi Hacker bisa terjadi karena ulah kita sendiri yang tidak menjaga keamanan didalam proses menggunaan Internet.

0 komentar:

Post a Comment