Monday, March 24, 2014

Downloader Youtube dengan youtube-dl Powerfull

Aplikasi downloader Text youtube-dl ini telah lama saya gunakan dan kini saya akan berbagi tentang pengalaman  penggunaan youtube-dl tersebut terutama bagi para pengguna Open Source linux yang menyenangi dunia Text Command.

Bagi anda yang senang mengunduh Video di Youtube saatnya anda mencoba aplikasi python yang satu ini , dengan ukuran yang kecil namun powerfull dalam hal mengunduh Video-video yang ada di Youtube bahkan anda juga dapat memilih Format Video atau Audio yang anda inginkan , jadi anda mengunduh Video atau Audio sesuai dengan keinginan anda apalagi saat anda ingin mengunduh bagian Video dan Audio DASH streaming yang dimiliki oleh Youtube.

Aplikasi ini bukan hanya untuk dijalankan pada Operasi Sistem Linux , bahkan di sediakan pula untuk Operasi Sistem Windows . Namun tetap saja aplikasi ini berjalan dengan perintah Text dan bukan aplikasi berbasis GUI.

Untuk mendapatkan aplikasi youtube-dl yang kecil dan powerfull ini anda dapat mendownload pada alamat resminya di http://www.youtube-dl.org. Bila anda sudah mengunduh aplikasi tersebut , sedikit saya akan berikan cara penggunaan yang biasa saya lakukan pada saat mendownload Video atau Audio dari Youtube.
  1. Untuk mengetahui Format Video Audio yang anda download anda cukup menambahkan option -F pada youtube-dl dan selanjutnya menulis kan alamat URL Video Youtube yang akan didownload. Contoh : ./youtube-dl -F http://www.youtube.com/watch?v=6gv1V_nJ3co maka tampilan pada layar adalah seperti ini .
    [youtube] Setting language
    [youtube] 6gv1V_nJ3co: Downloading webpage
    [youtube] 6gv1V_nJ3co: Downloading video info webpage
    [youtube] 6gv1V_nJ3co: Extracting video information
    [info] Available formats for 6gv1V_nJ3co:
    format code extension resolution  note
    140         m4a       audio only  DASH audio , audio@128k (worst)
    160         mp4       144p        DASH video , video only
    133         mp4       240p        DASH video , video only
    134         mp4       360p        DASH video , video only
    135         mp4       480p        DASH video , video only
    17          3gp       176×144
    36          3gp       320×240
    5           flv       400×240
    43          webm      640×360
    18          mp4       640×360     (best).
  2. Selanjutnya tentukan Video atau Audio mana yang akan download dengan cukup memasukkan nomor angka yang ada disamping kanan dengan menambahkan option -f nomorvideoaudio contoh saya akan mendownload Audio yaitu dengan format m4a jadi untuk mendownloadnya adalah dengan menuliskan perintah  /youtube-dl -f 140 http://www.youtube.com/watch?v=6gv1V_nJ3co dan hasilnya seperti ini :
    youtube] Setting language
    [youtube] 6gv1V_nJ3co: Downloading webpage
    [youtube] 6gv1V_nJ3co: Downloading video info webpage
    [youtube] 6gv1V_nJ3co: Extracting video information
    [download] Destination: Rahasia Kelemahan Helix Server 12-6gv1V_nJ3co.m4a
    [download]   0.6% of 2.26MiB at 10.75KiB/s ETA 03:33.
  3. Untuk memudahkan anda mencari dan mengatur Video dan Audio anda juga dapat langsung memberikan nama video audio tersebut secara langsung pada saat pengunduhan dengan menggunakan option -o contoh ./youtube-dl -f 140 http://www.youtube.com/watch?v=6gv1V_nJ3co -o audio-data-kelemahan.m4a , maka secara otomatis file yang didapatkan nantinya adalah audio-data-kelemahan.m4a.
Mudah bukan mendownload Video dan Audio dengan youtube-dl ini ?  Maka nya beralih ke Open Source yang memiliki banyak aplikasi yang handal dan tentunya mayoritas adalag Gratis.

0 komentar:

Post a Comment