Monday, March 17, 2014

Galow-IT TV "TV Onno W Purbo", Satu Sumber Server Dimana-mana (CDN Galow-IT TV)

Beberapa minggu ini saya disibukkan dengan team Galow-IT ( Gaul sama Onno W Purbo ) yaitu bersama Kang Raihan ( Raihan Teknologi ) penggagas acara Road Show Galow-IT.  Semula hanya memperkenalkan teknologi streaming yang murah dan mudah kepada siswa SMK ( SMK Go Streaming ) dan kini berlanjut hingga sebuah project pengebembangan dan pembangunan IPTV Sekolah di sebuah sekolah SMK di Daerah Tasikmalaya yang akan dilaksanakan Pada Bulan April 2014.

Mungkin mengingau kali ya bisa bareng dengan orang sekelas "Onno W Purbo" mengembangkan dan menerapkan Konsep Open BTS yang ditumpangi layanan IPTV dengan IPT Multicast. Tapi entahlah team Galow-IT punya gagasan Buat Televisi-nya Onno W Purbo yaitu mengumpulkan Video Beliau yang tersebar di dunia maya untuk dijadikan satu tempat dan dijadikan Siaran Live. 


Akhirnya saya coba, dengan Aplikasi NasrulMedia Server streaming yang hasil racikan saya sendiri ( walau bukan seorang programmer beneran ) yang dibangun menggunakan C++ dan Phyton. Untuk membangun Televisi-nya Onno  W Purbo , dengan server VPS yang di Miliki di US , saya coba download Video pak Onno W Purbo yang menyebar di setiap layanan Video Ondemand di Internet. Selanjutnya karena bitrate yang cukup besar saya harus lakukan Encode ulang menjadi ukuran bitrate lebih kecil yaitu 256kbps untuk video dan audio. Codec yang dipergunakan adalah H264 / AAC , dan saya pergunakan aplikasi Open Source yang handal yaitu FFMPEG.

Setelah selesai seluruh film tersebut di Encode ulang, tinggal membuat layanan Live Streaming dengan menggunakan aplikasi Live Streaming File yang dibuat pada NasrulMedia Server Streaming. Jreng hanya dalam kurun waktu 2 Jam Galow-IT TV sudah jalan. Silahkan tonton di http://www.galow-it.com/

Hm, ternyata Raihan Teknologi masih uji lagi kemampuan aku yang cuma se"ucrit" gak ada apa-apanya dibandingkan para pakar IT dan para Hacker Indonesia lainnya . Katanya minta contoh Hacking Streaming ! Gila ya wis lah, aku coba lakukan tapi aku gak mau bajak siaran orang takut di omelin Pak Onno , jadi ya Hacking yang resmi aja deh , menyebarkan siaran ke beberapa layanan Live TV yang ada di online diantaranya adalah Livestreaming.com dan Justin.TV . Hmmm, pekerjaan memakan waktu hampir 3 jam , membangun dan mengirimkan siaran dari server di trancode ulang dan dikirimkan ke dua server yang berbeda dan kini , Galow-IT TV telah menyebar di dua Server yang berbeda yaitu di Livestream.com dan Justin.TV. Istilah Galow nya "satu sumber server dimana-mana". Niatnya mau buat live satu lagi di Channel Live Youtube, tapi itu butuh waktu , karena layanan Live Youtube bersifat komersil tapi mungkin ada cari lain buat gratis ...

Kini Galow-IT TV sudah dapat di tonton di :
  1. Website Resmi Galow-IT di http://www.galow-it.com/
  2. Channel Galow-IT TV di Livestream.com di http://www.livestream.com/galowit
  3. Channel Galow-IT TV di Justin.tv di http://www.justin.tv/galowit
  4. Channel Galow-IT TV di Youtube Live di https://www.youtube.com/watch?v=q_eKcx-6aBc
  5. Channel Galow-IT TV di Ustream Live di http://www.ustream.tv/channel/galow-it-tv
Tanggal 25 April 2014, pada saat penyelenggaran Road Show Galow-IT di Ciamis , kang Raihan bersama team Open Source akan mencoba mendemokan Hacking Streaming , membangun Televisi Online tersebunyi di sebuah Provider . Mau ikutan, silahkan masuk ke website resmi galow-it dan konfirmasi kepada pemilik website tersebut.

0 komentar:

Post a Comment