Thursday, March 27, 2014

Perbedaan Net TV dan IPTV

Awalnya tidak ingin menulis mengenai perbedaan Antara Internet TV ( Net TV ) dengan IPTV ( Internet Protocol Television ) tapi setelah membaca tulisan banyak orang di blog tetangga akhirnya tergugah juga untuk membantu meluruskan pemahaman antara Net TV dengan IPTV, tentu bukan berarti tulisan ini menyalahkan pemahaman dari tulisan dan blog yang saya baca mengenai perbedaan dari kedua teknologi penyiaran televisi berbasis Digital, mungkin hanya menambahkan saja dari yang saya ketahui.

Tentunya saya tidak perlu menjelaskan sejarahnya dan penggagas dari Teknologi Pendistribusian File Video dan Audio secara terus menerus ( Streaming ) melalui sebuah media playar yang mendukung protokol pendistribusian yang dilakuka oleh RealNetwork. Namun hanya akan menuliskan perbedaan sistem pendistribusian yang biasa dilakukan antara Net TV maupun IPTV.

Perbedaan mendasar dari Net TV dan IPTV adalah didalam penggunaan Class IP . dimana Mayoritas Net TV ( Internet TV ) menggunakan Class IP Unicast yaitu dari rentang dari class A sampai denga C yaitu 0.0.0.0 s.d 223.255.255.255
Karena menggunakan IP unicast ini maka proses pendistribusian data antara server dengan client adalah host to host maka jika semakin banyak clien yang mengakses pada sebuah server, maka server harus memiliki pita data pendistribusian ( Bandwidth ) yang besar sesuai dengan permintaan dari jumlah klien. Karena Net TV menggunakan class IP Unicast maka pendistribusiannya dapat dilakukan secara terbuka yaitu pada layanan jaringan internet IP v4 yang bersifat unicast.

Maka ada benarnya bila Net TV membutuhkan bandwidth yang cukup besar , maka untuk mengatasi hal itu dikembangkanlah teknologi CDN ( Content Delivery Network ), dimana pendistribusian streaming tidak lagi dilakukan oleh satu buah server melainkan di distribusikan dengan banyak server dengan satu sumber. Saya perlihatkan gambar topologi Net TV dengan IP Unicast dari gambar petunjuk Helix Server 
Pendistribusian File Video Audio yang baik bersifat On-Demand ( Permintaan ) atau yang bersifat LIve Real Time dilakukan oleh protokol pendistribusian diantaranya adalah RTSP yang saat ini banyak dipergunakan untuk pendistribusian Net TV berbasis Mobile yang dikembangkan oleh RealNetwork , RTMP yang banyak dipergunakan untuk pendistribusian Net TV berbasis Web dengan Embediang Flash Player yang dikembangkan oleh adobe, MMS yang dipergunakan untuk pendistribusian Net TV berbasis Microsoft Television , dan HTTP Segmentation yaitu pendistribusian Net TV pada protokol HTTP yag disegmentasi ( di potong-potong ) da ini adalah teknologi Video dan Audio streaming yang dikembangkan oleh Apple Mac.

Sedangkan IPTV kalau kita baca di artikel tetangga , dijelaskan hanya didistribusika oleh satu jaringan ISP saja artinya pendistribusian hanya dilakukan melalui jaringan satu provider yang sistem routing IP nya dikendalikan dalam satu jaringan dan tentunya karena terdapat dalam satu jaringan maka penggunaan IP class D yaitu Multicast dapat dilakukan. Artinya bahwa IPTV mayoritas pendistribusiannya menggunakan IP Multicast class D.

Bila kita lihat topologi pendistribusian Video dan Audio dengan multicast pada IPTV maka sudah dipastikan bahwa pendistribusian tidak membebani pada kebutuhan bandwidth . Protokol yang dipergunakan adalah SAP (Session Announcement Protocol ) Yaitu protocol broadcasting pada Multicast.

Jadi itulah perbedaan yang mendasar dari Net TV dan IPTV, namun sebenarnya masih banyak yang lainnya. namun dengan penjelasan mendasar tersebut ini bisa membantu para pembaca mengenai perbedaan antara Net TV dan IPTV terutama didlaam pendistribusiannya. Sebenarnya masih banyak lagi seperti penggunaan protocol UDP ataupun TCP/IP pada pendistribusiannya. Namun cukup denga pemahaman ini akan mampu memberikan pemahaman yang sebenarnya.

0 komentar:

Post a Comment