Friday, April 18, 2014

Cyber War, Perang Asimetris dan Operasi Sistem

Kenyataan yang tidak dapat dipungkiri "Cyber War" dan "Perang Asimetris" kini menjadi sebuah "Ancaman" bagi kelangsungan kedaulatan Negara. Demikian pula Kedaulatan Negari Kesatuan Republik Indonesia. Tanpa disadari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi harus membuat semua negara di dunia mempertahankan nilai-nilai kedaulatan negara yang dimilikinya dengan cepat membentuk dan mendirikan badan pertahanan negara dari serangan "Cyber War" yang merupakan bagian dari "Perang Asimetris". Sistem Jaringan Komputerisasi di lembaga pemerintahan pun harus semakin dikuatkan karena penyusupan "teknologi" dalam sebuah Operasi Sistem yang bekerja bukanlah sesautu yang tidak asing lagi.

Tanpa disadari dengan banyaknya pengguna Komputer berbasis jaringan, maka tanpa sadar telah banyak proses interaksi antar komputer yang terjadi, baik dari komputer super, komputer pengguna baik berbentuk desktop maupun tablet kini telah menguasai proses kehidupan masyarakat dunia. Dan tanpa sadar proses ini pun mengundang penyusupan "Teknologi" antar komputer. Mungkin Virus komputer dan sebangsanya menjadi ancaman. Yang paling ditakutkan adalah bagian dari "Perang Asimetris" dengan mempelajari perilaku pengguna Internet di suatu negara. Sekumpulan data yang terkumpul oleh sebuah "Perusahaan" besar untuk melihat perilaku pengguna internet melalui sebuah halaman pencari tentu saja bisa dijadikan senjata ampuh untuk menyerang sebuah negara tanpa harus mengangkat senjata melainkan cukup dengan menghancurkan "Pola Pikir " dengan data yang telah terhimpun dari perilaku pengguna yang telah terekam dalam sebuah database.

Pernahkan kita membuka sebuah Aplikasi yang tertanam utuh pada sebuah Operasi Sistem pada saat kita update. Apakah operasi sistem yang kita gunakan "Untuk Instansi Pemerintah"  sudah dapat dikatakan "Aman" dari hal yang tidak diduga seperti "penyusupan" dalam pengiriman mengenai informasi Jaringan yang ada  di Komputer Instansi Pemerintah yang digunakan?

Mungkin untuk berpikir "Mudah" dan "Sederhana" untuk apa puyeng memikirkan hal tersebut, Kita tinggal pakai , bisa koneksi, kita tinggal beli . Beres kan ? Ya memang gampang, tapi bagaiamana kalau ternyata komputer yang anda gunakan telah disusupi "Spyware" sehingga privacy anda pada komputer terus dipantau oleh pihak-pihak lain. Kamera Laptop anda di aktifkan secara jarak jauh sehingga mereka bisa merekam apapun yang anda lakukan?

Operasi Sistem adalah kuncinya, dan bukan sekedar meremaster sebuah Operasi Sistem yang ada " Yang Terlihat Kita Punya OS Baru " , tapi pernahkan kita mencoba sesuatu yang baru. Membangun sebuah OS dengan pertahanan yang tinggi yang dapat digunakan oleh seluruh warga negara di Indonesia ini , dengan merekonstruksi ulang Kernel secara khusus terutama dalam sistem pengalamatan IP. Yang menjaga privasi Kebangsaan Indonesia yang kita miliki.

Banyaknya penggunaan Sistem Operasi olahan dari negara "Luar" adalah sebuah kelemahan yang akan dapat digunakan sebagai senjata untuk menghancurkan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Jadi bukan OS yang "Keren" tapi benar-benar mampu melindungi warga negara Indonesia dari segala bentuk "Penyusupan" apapun, dari segala bentuk " Penghimpunan data" perilaku pengguna bagi seluruh warga negara Indonesia. Dengan tetap membuka gerbang dunia luar melalui Jaringan Internet namun tetap terjaga dari segala bentuk Spyware dan penyusupan yang lainnya.

0 komentar:

Post a Comment