Sunday, April 20, 2014

Membangun Komunikasi Lokal Daerah Dengan Kamailio


Dari sekian banyak aplikasi Open Source untuk menangani Video Conference melalui protokol SIP ada satu aplikasi yang lama saya pergunakan untuk membangun layanan komunikasi Point To Point Video Conference yaitu Kamailio. Aplikasi ini sangat mudah digunakan dan dioperasikan dibandingkan aplikasi server SIP lainnya terutama sangat cocok digunakan untuk layanan komunikasi pada Lokal Daerah tertentu yang sulit terjangkau dengan layanan komunikasi.


Dulu mungkin kita mengenal teknologi komunikasi yang merakyat di era 80an pada satu daerah namanya "Interkom" yang terkoneksi dengan menggunakan kabel kawat yang ditarik berpuluh-puluh kilometer antar wilayah yang akan terhubung untuk melakukan komunikasi. Terdapat satu sentral Interkom yang mengatur agar komunikasi dapat berjalan dengan lancar.


Selain Interkom ada pula penggunaan pesawat 2 meteran ( HT dan sebangsanya yang membutuhkan biaya cukup besar diera 80an ) untuk melakukan komunikasi , selain itu penggunaan komunikasi dengan menggunakan  gelombang SW yang bisa menjangkau ratusan kilometer untuk melakukan komunikasi dengan antena bentangan kawat yang panjang. Bahkan pernah sebelum frekuensi FM radio digunakan untuk siaran broadcast,  komunikasi dilakukan menggunakan pesawat FM Radio.

Kini semuanya telah digital, penggunaan alat komunikasi tersebut hanya tinggal memori dan kenangan saja. Saat ini komunikasi dilakukan melalui layanan GSM setelah teknologi komunikasi telephone AMPS di tinggalkan dan tentu saja suara yang didengar pada komunikasi Hand Phone pada GSM menggunakan suara dalam bentuk digital ( codec audio ) , apalagi dengan kehadiran smartphone kini sistem komunikasi telah berubah. 

Penggunaan frekuensi radio Microwave yaitu pada gelombang 2.4 Ghz adalah yang paling banyak digunakan terutama untuk komunikasi data antar komputer.  Dan diantaranya yang dapat digunakan adalah sebagai pembawa data Video dan Audio yang telah terkompresi digital yang dijadikan sebagai media komunikasi Video Call.

Sebenarnya bagi sebuah daerah yang tidak dapat terkoneksi dengan Jaringan Internet, layanan komunikasi digital Video Conference ini dapat dibangun. Artinya komunikasi dengan protokol SIP dapat dilakukan antara warga dalam satu lokal daerah tertentu cukup dengan menggunakan sebuah Akses point WIFI dan sebuah server Linux yang memiliki aplikasi untuk melakukan kontrol Video Call diantaranya adalah Kamailio.

Dengan layanan ini sebenarnya akan terbangun sebuah media komunikasi warga di daerah terpencil. Apalagi saat ini telah banyak smartphone yang murah dan telah mendukung teknologi WIFI dan teknologi SIP phone.

Di sisi pengguna dapat menggunakan aplikasi SIP phone seperti Linphone, Ekiga ataupun aplikasi yang lainnya. Jadi komunikasi data Video Conference bukan berarti harus tersedia "Jaringan Internet" tapi cukup dengan jaringan lokal daerah makan sistem komunikasi murah meriah dengan Linux ini akan terbangun.

4 comments:

  1. Dear Bang Andri,

    Apakah SIP server yang dimaksud dapat menjalankan applikasi PTT seperti yang ada ,contoh Zeelo PTT,Air PTT,Voxer dll,bagaimana klo saya mau membangun Server SIP sendiri u/ aplikasi PTT .tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk Kamailio Tidak bisa, coba buka tentang HAM Radio lewat Server EQSO tapi saat ini yang banyak digunakan adalah echolink , ( ORARI )

      Delete
  2. Saya install zoiper di HP Android trs tlp ke PC yg di install xlite ada suaranya, tapi ketika sama2 nelp ke zoiper yg di install di hp yg lain gak ada suaranya, mohon pencerahan nya om..

    ReplyDelete