Saturday, April 5, 2014

Mengadministrasi Multimedia Streaming Server


Setelah lima hari memberikan pelatihan Membangun IPTV dan VOIP Sekolah dengan menggunakan jaringan WIFI di sebuah SMK Negeri diwilayah Tasikmalaya , tepatnya di SMK Negeri Rajapolah pada tanggal 1 sampai 5 April 2014 dengan materi :
  1. Membangun Server Multimedia streaming dengan menggunakan aplikasi Server Streaming Nasrulmedia ( Yaitu aplikasi server streaming yang saya buat dan develop sendiri ) 
  2. Membangun DNS Server, HTTP Server, MySQL Server, POPTOP ( VPN server ).
  3. Membangun Server VOIP SIP Server dengan menggunakan aplikasi KAMAILIO.
  4. Membangun PC encoder Live Streaming dengan menggunakan aplikasi FFMPEG
  5. Dan Membangun layanan Produksi Video Streaming dengan menggunakan aplikasi KINO dan FFMPEG.
Yang secara keseluruhan dari workshop ini menggunakan Operasi Sistem Linux yaitu menggunakan Distro Debian. Hasil dari Workshop memang sangat mengembirakan karena kini SMK Negeri Rajapolah telah memiliki layanan IPTV Server dengan menggunakan dan menerapkan penggunaan IP Multicast , dan memiliki layanan VOIP SIP Phone dan telah dapat digunakan dengan baik.

Mungkin saya tidak akan menulis  bagaimana proses Workshop tersebut dilakukan di SMK Negeri Rajapolah yang dijadikan kegiatan Prototype pembangunan Layanan IPTV Sekolah untuk media pembelajaran tetapi sebuah pertanyaan yang mengganjal pemikiran saya adalah , ketika Guru mata pelajaran Produktif menjelaskan bahwa pada kurikulum 2013 untuk keahlian produktif TKJ , bahwa server streaming dan VOIP adalah materi yang harus diberikan kepada siswa .

Kalau memang Mengadministrasi Server Streaming menjadi bagian materi dari kurikulum, pertanyaannya adalah Aplikasi Server Streaming apa yang akan dipakai oleh guru untuk mengajarkan kepada siswa , karena setiap aplikasi server streaming memiliki sistem protokol yang berbeda dalam pendistribusiannya?

Mungkin antara RED 5 Server, Wowza ataupun Flash Media Server memiliki Kemiripian didalam konsep pendistribusiannya terutama untuk pendistribusian streaming berbasis RTMP Protokol walaupun kenyataannya untuk WOWZA saat ini telah mempu mendistribusikan streaming dengan protokol RTSP dan HTTP Segementation dengan penambahan Add ons. Karena ketiga aplikasi server ini menggunakan pemrograman java. Lalu bagaimana dengan aplikasi lainnya seperti Darwin Server ( Apple Mac ) yang banyak juga digunakan oleh layanan streaming yang memiliki konsep yang berbeda dalam pendistribusiannya, belum lagi aplikasi FFMPEG Server , Open RTSP, VLC Server  yang semuanya memiliki cara dan pengaturan dan pengadministrasian yang berbeda dalam pendistribusian streamingnya.  Dan tentu saja semua aplikasi Streaming ini akan berbeda lagi bila proses pemberian materi menggunakan aplikasi Helix Server ( realnetworks ).

Ini baru bagian dari materi Administrasi Server Streaming, bagiamana dengan VOIP , yaitu dengan menggunakan asterisk, openSIP, openSER atau Kamailio? tentunya kini saya berpikir bahwa bukan siswa yang harus mendapatkan pengetahuan ini terlebih dahulu melainkan guru-guru pengajar ( Upgrade Knowledge) tentang pengetahuan Administrasi Server streaming dan VOIP .

Mungkin jawabannyabisa saja dengan mudah ,biasanya proses penambahan pengetahuan Guru mata pelajaran produktif ini dapat dilakukan pada MGMP ( Musyawarah Guru Mata Pelajaran ) , dan tentunya MGMP di setiap daerah dapat melakukan kegiatan TOT untuk dua materi ini , dan tentu saja Pelatih yang disediakan dalam proses Workshop ataupun TOT di MGMP TKJ untuk dua materi dan beberapa materi lainnya yang cukup sulit dipelajari adalah Pelatih dari Praktisi karena materi secara keseluruhan adalah praktek bukan pemahaman teori semata. ( Tapi jangan di jadikan lahan komersil lho ... he... he...)

1 comment: