Tuesday, May 6, 2014

Encoder Live RaspBerry PI dengan FFMPEG


Dua tahun mengenal perangkat Embeding system Raspberry PI, salah satu project yang pernah dioprek adalah sebagai Set Top Box IPTV  dan Encoder Live RTMP.  Project Embeding System oprekan selama lebih dua tahun ini sebenarnya sanag sederhana karena seluruhnya menggunakan sistem Open Source , jadi toh bagi anda yang membutuhkan perangkat Encoder Live Streaming yang mini dengan menggunakan perangkat Firewire sebagai input Video.


Sebenarnya bisa saja menggunakan Video Capture Card USB , namun terkadang seringkali terjadi Drop power pada saat menggunakan input USB Video Capture jadi alternatif yang terbaik sebagai input Video adalah dengan menggunakan FireWire ieee 1394 , namun karena di Raspberry PI tidak tersedia socket IEEE 1394 , anda membutuhkan converter USB to Firewire 4x

Nah dengan converter ini maka Input Video dari Firewire IEEE 1394 akan dapat bekerja di konektor USB Raspberry Anda. Namun bila anda menggunakan Converter ini maka anda membutuhkan kabel Firewire 4x IEEE 1394 untuk menghubungkan kamera anda dengan input  Firewire Converter ini. Nah ada cara lain yang lebih simpel yaitu dengan menggunakan kabel Firewire 4x IEEE 1394 to USB

Selanjutnya kebutuhan live streaming dengan menggunakan perangkat Embedding System Rapberry ini adalah tentunya kamera yang memiliki ouput FireWire 

Nah perangkat Live Streaming siap digunakan dan yang dibutuhkan pada Raspberry PI anda adalah OS Linux , anda dapat menggunakan Distro Raspbian Mini ( Minibian ) yaitu Distro Debian Minimal untuk Raspberry PI. MiniBian ini adalah Distro Debian Raspberry PI non GUI jadi agak kecil ukurannya , dan tentu saja karena aplikasi FFMPEG juga bekerja pada text command jadi sangat cocok menggunakan MiniBian untuk Embeding System Encoder Live Rapberry PI dengan FFMPEG.

Tahap selanjutnya adalah memasukkan IMG dari Minibian kedalam MMC Card yang dijadikan sebagai boot storage pada Raspberry PI. Bagi pengguna Linux untuk mencopy MiniBian ke MMC silahkan anda mengikuti petunjuk berikut ini .

Nah bila selesai , anda bisa menjalankan dan mengaktifkan Raspbery anda jangan lupa masukan Kabal Jaringan LAN anda , sehingga anda dapat menjalankan secara remoting dengan ssh client.

Setelah anda mengaktifkan Raspberry PI dan jaringan dimasukkan kedalam akses point , anda dapat mencek ip dari raspberry pi anda pada DHCP Client List pada Akses point anda. Bila sudah dapat IP nya anda tinggal meremote Raspberry MiniBian anda. Dan selanjutnya adalah membuat FFMPEG .

Nah untuk FFMPEG jangan menggunakan aplikasi paket FFMPEG yang telah tersedia karena belum tersedia module IEEE 1394 pada FFMPEG jadi anda harus mencompile Ulang FFMPEG sebelum anda copykan dan anda jalankan di Raspberry PI . Namun ingat karena Raspberry PI adalah processor ARM , jadi anda harus melakukan Cross Compiler FFMPEG yang anda butuhkan untuk Live Streaming pada Raspberry PI anda.

Cross Compiler FFMPEG ARM akan dijelaskan pada tulisan selanjutnya pada blog ini.

Intinya bahwa anda, terutama bagi Stasiun Televisi Lokal yang ingin Live Streaming dengan alat Encoder Mini dengan menggunakan Raspberry PI dapat anda membangun sendiri seluruh nya dengan basis OPEN SOURCE.

0 komentar:

Post a Comment