Monday, May 12, 2014

Live Streaming Full Linux (FFMPEG) di Galow IT Bojonegoro


Kegiatan Galow ( Gaul Ama Onno W Purbo ) IT di Bojonegoro, Minggu 11 Mei 2014 yang dihadiri lebih dari 600 peserta adalah kegiatan Seminar IT yang langsung dapat ditonton melalui layanan Live Streaming dengan menggunakan Teknologi Multiprotocol dan CDN ( Content Delivery Network ) dimana satu sumber dikirimkan secara estafet dari satu server ke server yang lain , diantaranya adalah pendistribusian streaming menuju Server Streaming yang berada di IIX jakarta, Server yang berada di US. Dan Server US mendistribusikan kembali menuju Server Youtube Live dan Ustream.


Live Streaming yang digunakan menggunakan Aplikasi FFMPEG sebagai encodernya dan menggunakan aplikasi NasrulMedia yang dikembangkan oleh saya sendiri dengan menggunakan dan memodifikasi Source Code CVS yang didapatkan di Helix Community dengan license RPSL ( Realnetworks Public Source License ) . Dan salah satu pengiriman Live Streaming ini menuju Youtube Live yang telah menjadi Ondemandnya disini.


Pada hari pelaksanaan Live Streaming ini disiarkan oleh beberapa website diantaranya adalah tvdialog.bojonegorokab.go.id , www.bojonegorokab.go.id, rtikbojonegoro.com dan www.galow-it.com .

Topologi Pendistribusian streaming yang digunakan adalah : Encoder Live Streaming FFMPEG berada di jaringan Lokal yaitu dengan IP 192.168.1.3 mengirimkan ke Server Streaming CDN yang berlokasi di Pendopo dengan IP 192.168.1.1 , dari sini Streaming dikirimkan ulang Menuju Server IP Publish satu yang berada di IIX dan satu lagi yang berada di US. Untuk penonton yang berlokasi di Indonesia mendapatkan pendistribusian Streaming dari Server Streaming yang berlokasi di IIX Jakarta, sedangkan Server Streaming CDN US mengirimkan kembali live streaming menuju Youtube Live dan Ustream. Sehingga Live streaming ini dapat disaksikan secara langsung dengan menggunakan 4 buah server yaitu 1 buah server di IIX Jakarta , 1 Buah Server di US, 1 buah Di Youtube live dan 1 lagi di Ustream.tv.

0 komentar:

Post a Comment