Wednesday, May 14, 2014

USB Flash Disk Repository Ubuntu

Bagi anda yang memiliki jaringan Internet mungkin untuk menginstall aplikasi yang terdapat pada Linux Ubuntu mungkin sangat mudah anda cukup memasukkan alamat repositorynya. Nah bagaimana bila jaringan Internet yang anda miliki super LOLA ( Loading Lama) , atau barangkali untuk penetrasi penggunaan Linux di daerah pedalaman yang tidak terjangkau jaringan internet mungkin akan sulit untuk melakukan updating ataupun install aplikasi lain yang terdapat pada Ubuntu.


Sebenarnya untuk mempermudah proses repository tanpa jaringan internet bisa dilakukan yaitu dengan membangun server repository dalam Jaringan LAN ataupun LAN dengan Wireless, namun bila jaringan Wifi tidak sampai ke rumah itupun juga sulit. Untuk mengatasi itu tentunya ada alternatif yaitu dengan mendownload seluruh DVD Image Respository Ubuntu namun tentu harus memiliki koneksi yang besar , untuk ukuran Repository keseluruhan satu versi saja anda harus mendowload sebanyak lebih dari 52GB.

Nah untuk membantu anda, maka saya mencoba memberikan satu solusi yaitu menyediakan USB Flash Disk Repository Ubuntu, jadi anda tidak perlu menggunakan akses internet saat anda menginstall aplikasi linux yang berada di Ubuntu.

Saat ini saya hanya menyediakan USB Repository Ubuntu untuk:
  1. Ubuntu Versi 12.04
  2. Ubuntu Versi 12.10
  3. Ubuntu Versi 13.04
  4. Ubuntu Versi 13.10
Jadi dengan USB Flash Disk Repository ini anda dapat langsung menginstall aplikasi aplikasi linux pada ubuntu tanpa harus terkoneksi dengan jaringan Internet.

Sebenarnya untuk buat USB Flash Disk Repository sederhana saja , anda timggal mendowload Ubuntu Repository ISO, selanjunya  anda dapat mengekstrask seluruh ISO tersebut kedalam satu buah Flash disk. Dan untuk menggunakannya , anda tinggal memasukkan mounting media anda di repositories ubuntu /etc/apt/resources.list.

0 komentar:

Post a Comment