Saturday, May 3, 2014

Workshop IPTV ( TV Digital IP Multicast ) dan Video Call Sekolah untuk Pelajar SMK TKJ Se-Pemalang

Setelah ngoprek bareng dengan KPLI Bogor selama 2 minggu tentang membangun Televisi Internet dan IPTV pada bulan November 2013. Selanjutnya setelah penerapan dan implementasi sistem Media Server Nasrulmedia di beberapa perusahaan swasta di Jakarta, serta pembangunan Prototype IPTV sekolah dan Video Call Sekolah di SMK Negeri Rajapolah Tasikmalaya, serta Uji coba live streaming pada acara Ubuntu Party di Tegal yang diselenggarakan oleh Poltek Tegal dan KPLI Tegal pada tanggal 24 April 2014 serta Uji coba Live Streaming menggunakan aplikasi Media Server Streaming NasrulMedia di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta pada tanggal 2 Mei 2014 pada acara FEUNJ Expo, kini  pengembang aplikasi Media Server Streaming berbasis Operasi Sistem Linux ini kembali diundang untuk mengisi kegiatan Workshop IPTV ( TV Digital IP Multicast ) dan Video Call Sekolah yang diperuntukkan bagi Pelajar SMK bidang keahlian Teknik Komputer Jaringan se-Pemalang yang diselenggarakan oleh IMPP ( Ikatan Mahasiswa Pelajar Pemalang) jakarta dan Pemalang TV Online.


Kegiatan Workshop ini akan diselenggarakan pada hari kamis sampai dengan Minggu tanggal 19-21 Juni 2014. Penyelenggaraan Workshop ini didasari oleh telah masuknya Mengadministrasi Server Streaming dan sistem VOIP masuk pada silabus Kurikulum 2013 SMK Bidang Keahlian Teknik Komputer Jaringan.

Workshop yang dilaksanakan ini sepenuhnya akan menerapkan konsep praktek secara keseluruhan seperti yang telah di laksanakan pada prototype IPTV Sekolah dan Video Call Sekolah di SMK Negeri Rajapolah Tasikmalaya Jawa Barat. Dimana selluruh peserta yang merupakan wakil dari setiap SMK TKJ di wilayah Kabupaten Pemalang harus dapat menghasilkan server Media Streaming , IPTV dan Video Call yang nantinya dapat diterapkan pada lingkungan Jaringan Lokal Sekolah.

Materi yang di Workshopkan adalah :
  1. Pengetahuan Tentang Codec Video dan Audio dan Protokol Pendistribusian Streaming Video Audio berbasis IP .
  2. Pengetahuan dan Pembangunan Layanan Distribusi Streaming dengan Menggunakan aplikasi open Source Red 5
  3. Pengetahun dan Pembangunan layanan Distribusi Streaming dengan menggunakan aplikasi NasrulMedia berbasis Operasi Sistem Linux.
  4. Membangun layanan Televisi Streaming dalam lingkup terbatas dengan Konten Live dan on demand dengan menggunakan aplikasi open source FFMPEG dan VLC
  5. Membangun layanan Video Call dalam Lingkup Jaringan Terbatas Lingkukan Sekolah dengan menggunakan aplikasi Open Source OpenSIP yaitu Kamailio SIP.  Dan aplikasi Client Berbasis Android.
Agar target kegiatan ini mencapai hasil secara maksimal  maka peserta yang berasal dari tiap SMK TKJ di pemalang diharapkan membawa perlengkapan sebagai berikut :

  1. 1 unit PC Desktop 64 Bit , minimal Memory 2 Gb.
  2. 1 Unit Monitor.
  3. 1 Unit Laptop ( Note Book ) .
  4. 1 Unit Akses Point.
  5. Kabel UTP dan Conector RJ45 secukupnya.
  6. Modem Koneksi Internet.
Pada kegiatan yang akan dilaksanakan ini secara penuh Operasi Sistem yang akan digunakan adalah menggunakan Operasi Sistem Linux yaitu :
  1. Distro Debian 64 Bit
  2. Distro Ubuntu 32 dan 64 Bit 
Untuk informasi mengenai kegiatan ini langsung saja menghubungi Penyelanggara yaitu  IMPP Jakarta dan Pemalang TV yaitu :

085867035034 (burhan)
08978245819 (faruk)
IMPP Jakarta

0 komentar:

Post a Comment