Tuesday, January 6, 2015

Mengenal Proxychains

Apa itu Proxychains ? Proxychains adalah sebuah aplikasi yang berjalan secara command line pada linux yang memungkinkan membuka sebuah layanan webserver dengan menggunakan proxy tanpa harus melakukan setting pada sebuah browser. Biasanya proxychains dipakai untuk menjalankan aplikasi lain untuk jaringan yang berbasis text.

Untuk mendapatkan aplikasi ini tentunya angat mudah terutama bagi para pengguna Distro Ubuntu, anda cukup melakukan install paket proxychains dengan mengetik perintah :
apt-get install proxychains
tunggu beberapa saat hingga proses installasi proxychains berhasil.


Tentunya terkadang pada saat browser Internet banyak beberapa situs yang di block pada jalur ISP anda, dan biasanya anda memasukkan dengan cara mengkonfigurasi brower anda dengan sebuah alamat proxy agar alamat yang diblock tersebut dapat di buka. Namun cara ini hanya dapat berjalan pada browser anda, walau sebenarnya anda bisa memasukkan alamat proxy secara langsung pada koneksi anda di linux namun itu hanya akan mampu menangani aplikasi browser. Lalu bagaimana dengan aplikasi lain yang berbasis command line seperti youtube-dl, wget dan lainnya?

Dengan menggunakan proxychains semua dapat diatasi anda cukup menuliskan perintah : proxychains youtebe-dl ..... , atau proxychains wget .... Cukup anda menuliskan pada command line yaitu proxychains dan nama aplikasi yang akan di jalankan secara otomatis aplikasi tersebut telah masuk pada sistem proxy tanpa harus mengkonfigurasikannya.

Untuk memasukkan alamat proxy anda cukup merubah dan menkonfigurasi file proxychains yang berada di bawah direktori /etc dengan menggunakan aplikasi editor anda dapat menambahkan konfigurasi tersebut contoh :
nano /etc/proxychains.conf.

Demikian pula saat anda ingin membuka browser , anda cukup mengetik perintah :
proxychains firefox
maka otomatis firefox anda sudah berjalan dalam sistem proxy. Mudahkan !

1 comment: