Tuesday, February 9, 2016

Python VS Java Untuk Smartphone

Dua bahasa pemrograman yang cukup hebat dengan kataristik yang hampir mirip sama ( walau sebenarnya tidak ) , sudah tidak asing didengar oleh para penggelut developer Open Source , memiliki modul / Class yang bejibun banyaknya sehingga mampu digunakan untuk berbagai keperluan permograman. Dua-duanya punya kelebihan bekerja secara Offline maupun Online, dua-duanya punya kelebihan bekerja dengan berbagai database, dan dua-duanya juga punya kelebihan mampu bekerja multiplatform.

Tapi nasib Java yang usianya lebih tua lebih diperhitungkan oleh banyak perusahaan komersil untuk laju dan debutnya sebuah OS Embeding yang bekerja disebuah Smartphone. Hampir semua layanan Smartphone dikembangkan oleh JAVA Programming , apakah Python tidak memiliki kemampuan itu?

Tentu saja kemampuan untuk itu semua dapat dilakukan oleh Python, saat ini saya dengan beberapa Tim Perintis sedang melakukan pembangunan Python Smartphone dengan code Proyek "Badak" yaitu sebuah desktop ringan yang akan meluncur pada OS Linux untuk Smartphone dan Raspberry PI.

Seperti halnya Android yang saya katakan merupakan Desktop Environment nya smartphone, yang dibangun dengan menggunakan JAVA dan aplikasi yang dikembangkan serta yang berjalan adalah aplikasi base java dengan paket APK  semuanya bekerja dalam sistem Class yang telah ditentukan dan dikendalikan dalam SDK Java yang telah disediakan oleh android. Bergelut dengan API dan SDK base java, jika kita bekerja diluar itu MallFunction.

Memang pemrograman Python usianya lebih muda dari pendahulu dalam pemrograman OOP yaitu java, namun dengan semakin banyaknya modul yang dikembangkan oleh para pengembangan python sangat dimungkinkan proses pembangunan Dekstop Environment yang bergerak di Smartphone dapat dilakukan. Bila sambil iseng anda bisa milhat beberapa proyek Desktop Environtment besutan Python diantaranya adalah pyxfce adalah Dekstop Binding yang bekerja antara Python dengan Dekstop XFCE .

0 komentar:

Post a Comment